Cara Mencari Driver Device Hardware Yang Tidak Diketahui Unknown Device


Sering kali kita mendapatkan kendala pada komputer kita karena ada harware device yang kita pasang pada komputer kita karena belum adanya driver device yang terinstall atau terpasang pada windows komputer kita sehingga device hardware tersebut tidak bisa berfungsi. Tidak berfungsi nya device tersebut bisa dilihat dengan mengecek status nya pada menu device manager. Cara Cek apakah device / hardware yang terpasang pada komputer kita sudah dilengkapi device driver atau belum dengan cara sebagai berikut .

Masuk menu Device Manager dengan cara masuk menu Run >> Ketikan perintah devmgmt.msc dan enter , kemudian di Menu Device Manager tersebut akan terdapat daftar hardware / device apa saja yang terinstall pada komputer kita.

Suatu device / hardware yang yang tidak terpasang dengan benar / tidak berfungsi dapat langsung terdeteksi dengan adanya tanda seru atau tanda tanya pada bagian hardware device tersebut. Hal ini disebabkan karena belum terpasang nya driver device sehingga tidak dikenali oleh system atau disebut juga dengan sebutan unknown device.

Cara mencari Driver Unknown DeviceMasalah Unknown Device ini bisa teratasi dengan cara meng install driver yang dibutuhkan untuk device / hardware tersebut. Bila kita tahu speesifikasi Device / hardware kita , kita bisa langsung dapatkan Driver Device tersebut dengan mendownload nya di situs resmi pembuat device hardware tersebut.  Namun sering kali kita tidak mempunyai driver tersebut karena kita tidak tahu apa Vendor , pembuat (manucfatured) atau versi jenis hardware yang kita miliki .

Cara mudah untuk mencari driver device / hardware unknown device tersebut dengan cara memanfaatkan situs pencari driver yaitu situs devid.info, langkahnya sebagai berikut :

  • Masuk menu device manager ,
  • Klik kanan pada bagian device yang terdeteksi Unknown device dan pilih property.
  • Klik detail maka dalam menu tersebut akan terlihat Device Instance ID , misal USBVID_04B8&PID_0805&MI_006&4D32EAB&0&0000
  • Klik Device Instance ID nya dan gunakan perintah shot cut keyboard yaitu ctrl + C dan paste pada notepad untuk mencatat Device Instance ID hardware device yang akan kita carikan drivernya.
  • Buka situs pencari driver unknown device yaitu situs devid.info alamat http://devid.info
  • Masukan Device Instance ID pada kotak pencariannya dan klik search

Mencari identitasdriver hardware  unknown deviceDevid.info akan memaparkan result pencarian detail device kita tersebut beserta link download driver yang kita butuhkan untuk device hardware kita tersebut.
Download software / driver nya dan Silahkan install pada PC anda, dan problem unknown device anda sudah teratasi.

Mudah mudahan solusi dari ESC Creation untuk mengatasi masalah unknown device atau mencari driver device / hardware yang tidak diketahui / unknown device diatas bisa bermanfaat untuk anda.

TAG : cara mencari driver unknown device hardware, driver hardware unknown, download driver unknown, cara identifikasi driver yang tidak diketahui, identifikasi driver unknown vendor manucfatured, situs pencari software driver device, sofware pencari driver device hardware.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s