DPR Datangi Ditjen Pajak dan PPATK


DW (Foto: Heru H/okezone)

DW (Foto: Heru H/okezone)

JAKARTA – Kasus mafia pajak yang kembali mencuat dilingkungan Direktorat Pajak dengan tersangka Dhana Widyatmika alias DW, menjadi perhatian komisi III. Terkait hal itu, Panitia Kerja (Panja) Mafia Pajak yang telah lama dibentuk oleh Komisi III akan melakukan kunjungan ke kantor Ditjen Pajak dan Pusat Pelaporan Analisi dan Transaksi Keuangan (PPATK).

Panja Mafia Pajak yang diketuai oleh Tjatur Sapto Edy ini bertujuan untuk meninjau langsung terkait langkah-langkah Ditjen Pajak tentang pemberantasan mafia pajak.

Menurut anggota Panja Mafia Pajak Martin Hutabarat, pihaknya juga akan menanyakan perihal kasus Gayus Halomoan Tambunan yang seolah hanya berhenti di Gayus.

“Agendanya melihat soal langkah ditjen pajak. Mengapa ramai di pajak soal Dhana, jangan-jangan muncul Gayus baru. Gayus pernah sebut ada yang sama kaya dirinya di di pajak tapi kok cuma dia yang kena,” ujar Martin kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/3/2012).

Selain kunjungan ke Ditjen Pajak, dirinya dan sejumlah anggota panja lainnya akan mengunjungi kantor PPATK. Kunjungan ke PPATK itu untuk mendalami temuan transaksi mencurigakan oleh PPATK.

“Kasus Gayus Tambunan, Bahasyim, kita sadar bahwa pajak rawan, anak muda punya rekening besar, begitu juga Dhana, walau belum tentu karena penyalahgunaan,” kata dia.

Panja ini, kata Martin, akan memberikan masukan soal pemberantasan mafia pajak.

“Kita memberi masukan kepada pemerintah, begini loh memberantas mafia pajak,” terangnya.

Martin menegaskan bahwa dirinya akan terus mendorong Ditjen Pajak agar terus melakukan pembenahan. Sehingga kebocoran pajak tidak terulang kembali dikemudian hari.

“Harus kita dorong dan tidak boleh berhenti, paling tidak bergerak dengan usaha yang serius untuk membenahi internalnya,” tukasnya.

Menurut Martin, rombongannya akan berkunjung kedua lembaga itu dengan rute ke kantor Ditjen Pajak terlebih dahulu lalu ke PPATK. Panja Mafia Pajak ini berangkat dari DPR sekira pukul 10.10 WIB.

(lam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s