Robot dan masa depan


Hai teman teman blogger sekalian, setelah sekian lama gak posting karena sibuk banget dan kebetulan kemaren sempet di tanyain sama bro setiawan djodi akhirnya saya mencoba buat posting hari ini karena kebetulan “side project” saya sudah hampir kelar. kali ini saya mengangkat tentang angkatan masa depan angkatan bersenjata. teman teman pasti menonton acara live penggerebekan Ibrohim yang awalnya di sangka Noordin M top sang teroris paling dicari di negeri ini, nah disitu terlihat bagaimana Densus 88 menerjunkan robot robot pengintai yang berfungsi sangat efektif dalam sebuah penggerebekan. kenapa robot? Semua orang tahu bahwa menjadi seorang tentara/polisi adalah pekerjaan yang berbahaya. Tetapi beberapa prajurit khusus bertugas untuk melakukan sesuatu yang sangat berbahaya dari prajurit yang lain. Berjalan melalui ladang ranjau, bom meledak menonaktifkan atau membersihkan bangunan,dan beberapa tugas yang paling berbahaya adalah seorang prajurit diminta untuk tampil di garis depan tugas. Nah disitulah mungkin timbul pemikiran untuk menghadirkan robot sebagai “tentara” yang menjatdi “stunt” tugas berbahaya tersebut, mengingat teknologi yang ada sekarang sanggup mengakomodir jenis robot yang diperlukan untuk sebuah tugas sesulit apapun dan tentunya tak perlu dibayar oleh nyawa seorang prajurit. Robot dikendalikan dalam radius tertentu untuk mengemban tugas oleh seorang prajurit operator.
Robot luar angkasa yang membantu astronot
Militer AS telah mengembangkan sistem robot untuk segala macam pekerjaan/tugas selama bertahun-tahun, dan beberapa dari mereka bahkan ditempatkan di garis depan di Irak. Pada artikel ini, kita akan bertemu beberapa “tentara robot” terbaru, mencari tahu apa jenis pekerjaan yang dapat mereka lakukan. Robot pada sistim kerja nya banyak disesuaikan dengan pola tubuh manusia antara lain :
     * Sebuah struktur tubuh
* Sebuah sistem otot untuk memindahkan struktur tubuh
* Sebuah sistem sensor yang menerima informasi tentang tubuh dan lingkungan sekitarnya
* Sebuah sumber daya untuk mengaktifkan otot dan sensor
* Sebuah sistem otak yang memproses informasi sensorik dan menceritakan apa yang harus dilakukan otot
Sebuah robot terdiri dari komponen-komponen yang sama. Tipikal bergerak robot memiliki struktur fisik, sebuah motor dari beberapa macam sistem sensor, sebuah power supply dan komputer “otak” yang mengendalikan semua elemen ini. Pada dasarnya robot adalah buatan manusia versi kehidupan binatang mereka adalah mesin yang meniru perilaku manusia dan hewan. Joseph Engelberger, pelopor dalam industri robotik, pernah berkata “Aku tidak dapat menentukan sebuah robot, tapi aku tahu satu ketika aku melihatnya.” Jika Anda menganggap semua mesin yang berbeda orang-orang memanggil robot, Anda dapat melihat bahwa itu hampir tidak mungkin untuk datang dengan suatu definisi yang komprehensif. Setiap orang mempunyai ide yang berbeda mengenai apa yang merupakan robot”

Anda mungkin pernah mendengar dari beberapa robot terkenal ini:

     * R2D2 dan C-3PO: robot cerdas, berbicara dengan banyak kepribadian dalam “Star Wars” film
* Sony AIBO: Sebuah robot anjing yang belajar melalui interaksi manusia
* Honda’s Asimo: Sebuah robot yang dapat berjalan dengan dua kaki seperti orang
* Industri robot:mesin robot yang berkerja otomatis pada pabrik pabrik untuk misi perakitan sebuah         produk
* BattleBots: The remote control pejuang di Comedy Central
* Robot penjinak Bom
* Robot Penemu Mars NASA
* HAL: kapal komputer di Stanley Kubrick‘s “2001: A Space Odyssey
* Robomower: robot pemotong rumput dari Friendly Robotika
* Robot dalam serial televisi “Lost in Space”
* Mindstorms: LEGO robotics kit populer
sebuah robot NASA yang ditugaskan menjelajahi Mars

Pada suatu masa nanti di mungkinkan jajaran angkatan bersenjata akan mengurangi jumlah tentara manusia dan menggantinya dengan robot robot yang cerdas multi fungsi, dan itu semua sudah dimulai sekarang, dan bisa jadi lini kehidupan manusia tidak hanya akan berdampingan dengan hewan hewan saja, namun akan hadir robot robot pembantu. lantas peran manusia akan dipersempit dan mungkin saja membuat manusia malas dan tergantung pada robot. dan perkembangan robot masih akan terus berjalan dengan kemajuan yang lebih mutakhir.

Ditulis dalam unik. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s